Thursday 4 January 2018

"Interpals", gates to see the world!


World Map

Dunia....selalu menjadi hal yang menarik untuk diketahui dan dipelajari oleh manusia. Aspek-aspek dalam hal "Dunia" itu adalah, bahasa, budaya, kehidupan sosial, makanan khas hingga menjalin persahabatan dengan penduduk lokal dari tiap negara di dunia ini. Maka, orang-orang berusaha dengan keras untuk mempelajari hal-hal tersebut dengan berbagai cara.
Begitu banyak cara yang ada untuk mempelajari suatu negara yang diminati, antara lain :
  • Untuk mempelajari suatu Negara dengan baik dan efektif, mengunjungi Negara tersebut adalah cara yang paling disarankan. Mengunjungi Negara yang diminati tersebut, bisa dengan alasan pergi berlibur atau pergi mencari ilmu. Dengan mengunjungi Negara yang diminati secara langsung, maka kita dapat mempelajarai budaya, bahasa dan kehidupan sosial Negara tersebut. Kita juga memiliki kesempatan untuk melakukan gaya hidup orang-orang dari Negara tersebut. Kita juga memiliki kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat lokal, yang secara langsung dapat mempraktekkan 3 aspek yang ingin dipelajari, yaitu Bahasa, Budaya dan Gaya Hidup. Cara yang bagus membutuhkan fasilitas yang bagus pula, maksudnya, dengan mengunjungi Negara yang diminati secara langsung adalah cara yang terbaik dan cara yang paling efektif, namun untuk dapat melakukanhal tersebut, dibutuhkan biaya yang cukup banyak, karena kita akan pergi ke belahan bumi yang lain, jauh dari tempat dimana kita berasal, yang tentu saja membutuhkan biaya yang banyak. Pergi berlibur ke Negara tersebut bisa melakukan persiapan dengan menabung sebelum hari keberangkatan tiba, namun jika dengan alasan mencari ilmu atau bersekolah, bisa mencari beasiswa, yang tentu saja tidak perlu membutuhkan biaya yang sangat banyak, karena sebagian besar biaya pendidikan dan akomodasi ditanggung oleh pihak penyelenggara beasiswa. 
Namun, jika belum memiliki kesempatan untuk melakukan poin yang pertama, masih ada cara lain, yakni :
  • Mencari informasi tentang Negara yang diminati melalui jaringan internet, bisa mencari informasi melalui website-website yang relevan atau membaca buku tentang Negara yang diminati. Memang pengalaman yang didapat akan berbeda sama sekali jika dibanding dengan cara yang nomor 1. Namun cara ini juga dianggap efektif untuk mengetahui budaya, bahasa dan kehidupan sosial dari Negara lain, tergantung dari tingginya niat untuk belajar dan dilakukan berulang-ulang. Walaupun dianggap efektif, ada baiknya jika kita mempraktekkan atau berdiskusi tentang hal yang ingin kita ketahui mengenai Negara yang kita minati. Berdiskusi dengan native speaker adalah "bantuan" yang sempurna untuk membantu kita memantapkan pengetahuan kita tentang Negara yang kita minati. Sebagian besar dari kita pasti berpendapat jika berkomunikasi dengan native speaker adalah hal yang sulit, karena sulit berjumpa dengan native speaker di negara asal kita, kecuali kalau kita melakukan cara nomor 1. Lalu bagaimana cara kita untuk bisa berkomunikasi dengan native speaker tanpa perlu mengunjungi Negara asal native speaker tersebut? Salah satu caranya adalah dengan memperluas pertemanan di media sosial. Cukup perluas pertemanan media sosial yang bersifat mendunia, yakni Instagram, Facebook, Twitter, Snapchat, dan masih banyak lagi. Namun sesuai pengalaman pribadi penulis, biasanya pesan yang dikirim melalui media sosial yang disebut diatas, terkadang dianggap spam oleh sebagian besar orang. Itu berarti dalam menjalin pertemanan yang bersifat intersional, lebih baik menggunakan situs pertemanan luar negeri, situs yang murni untuk menjalin pertemanan lintas bangsa. Situs ini berbeda dengan situs kencan internasional yang marak di dunia internet. Situs pertemanan luar negeri ini khusus untuk menjalin persahabatan lintas bangsa.
Di artikel kali ini, penulis akan mereview tentang situs pertemanan luar negeri tersebut. Sekitar setahun yang lalu, penulis menemukan dan bergabung dengan situs tersebut. Nama dari situs tersebut adalah www.interpals.net. Melalui situs tersebut kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, yang mungkin kita belum bisa menjangkaunya. Berikut akan direview apa dan bagaimana cara kerja dari situs pertemanan lintas bangsa tersebut. 


  • Apa Itu Interpals?
Interpals adalah sebuah organisasi nirlaba yang memberikan akses kepada pengguna internet untuk dapat berkomunikasi dengan orang-orang lintas negara. Situs ini sudah ada sejak tahun 1998, dan masih populer hingga sekarang (2018). Interpals merupakan akronim dari International PenPals. Interpals merupakan situs pertemanan lintas bangsa yang memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk dapat bertukar budaya dan bahasa. Situs ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja serta yang paling penting adalah, situs ini benar-benar gratis 100%, yang berarti dalam mengirim dan menerima pesan, tidak dipungut biaya apapun. Untuk lebih jelasnya, dapat membuka link ini https://www.interpals.net/app/about .
  • Bagaimana Cara Kerja dari Interpals?
Seperti yang penulis telah paparkan pada artikel sebelumnya (http://dinarkautsharramadhona.blogspot.co.id/2018/01/asia-not-only-east-asia.html) bahwa mendaftar di situs tersebut sangatlah mudah dan cepat. Langkah-langkahnya akan dipaparkan dibawah ini :
1.     Buka situs www.interpals.net, sebagai langkah awal untuk menjelajahi dunia.
2.     Lalu akan terlihat halaman seperti dibawah ini :


Halaman Awal Interpals

Halaman tersebut menjelaskan tujuan dari Interpals dan cara untuk mendaftar di situs tersebut, ada 2 cara untuk sign up, pertama sign up dengan akun facebook dan kedua sign up dengan mengisi data diri seperti yang ada di gambar di atas.
3.     Setelah sign up, supaya akun bisa digunakan registrasi ulang dengan link yang dikirim ke e-mail yang digunakan untuk sign up. Dan setelah itu, Voila! akun dapat digunakan!

  • Tampilan Halaman Interpals
Halaman Beranda Akun

Halaman Profil

Halaman Profil



Halaman Untuk Pencarian
Gambar-gambar yang telah dilampirkan diatas, dirasa cukup untuk memberi gambaran tentang Interpals, jika ingin merasakan pengalaman berbicara dengan orang-orang lintas negara, disarankan untuk membuat akun di situs tersebut dan mulai berdiskusi dengan orang-orang tersebut. Banyak hal positif akan didapat selama memiliki akun di situs tersebut, karena kita akan mendapat teman baru, dan kita merasa keren mempunyai teman dari Negara asing, dan yang paling penting adalah kita bisa saling melatih bahasa asing yang kita pelajari, dan saling mendapatkan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat bagi kita. 

Selain hal-hal positif yang bisa kita dapatkan seperti yang dipaparkan di atas, ada juga kerugian yang mungkin kita dapatkan dan kita alami. Begitu banyak akun palsu di situs tersebut, yang memasang foto palsu dan memalsukan identitas. Begitu banyak pula perampok yang meminta sejumlah uang kepada kita.  

Selama kita mempunyai niat baik dan tidak berubah selama bergabung di situs ini, maka kita akan mendapat apa yang kita rencanakan. Tips dari saya, jangan bagikan nomor, alamat atau akun media sosial pada seseorang yang baru dikenal, kecuali kalau sudah chatting dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Sekian dari saya mengenai artikel yang membahas Interpals, semoga kalian dapat memanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat memeperluas pertemanan secara Internasional.


_DinarRamadhona

Referensi :
http://besttabletfor.me/printable-maps-of-the-world.html/printable-world-map-for-kids-maps-inside-of-the
https://assets.hongkiat.com/uploads/creative-world-maps/37-creative-world-map-remake.jpg
https://Interpals.net

1 comment:

  1. https://www.letspal.com <= Saya merekomendasikan situs web ini untuk mencari teman

    ReplyDelete